url

Dewasa ini perkembangan tekhnologi Informasi melaju dengan sangat pesat. Salah satunya munculnya tekhnologi-tekhnologi baru dalam cara berkomunikasi. Dulu sebelum adanya komputer ataupun Internet. Dalam cara berkomunikasi orang dulu biasanya menggunakan surat sebagai media untuk berkomunikasi jarak jauh. Jaman dulu komunikasi antar Individu sangatlah terbatas. Jarak seakan-akan membatasi komunikasi. Ketika kita ingin menghubungi atau berkomunikasi seseorang yang jaraknya jauh dengan kita. satu-satunya cara untuk menyampaikan pesan ialah melalui surat dan kurir. Pada zaman kerajaan dulu juga demikian, ketika antar kerajaan saling berkomunikasi biasanya mereka menggunakan surat dan kurir untuk menyampaikan pesan mereka. Berkomunikasi dengan cara demikian sangatlah menguras tenaga dan memakan waktu penyampaian yang cukup lama.

Ketika perkembangan tekhnologi terus mengalami perkembangan dengan munculnya berbagai tekhnologi komunikasi seperti ditemukannya telegram, radio, televisi sampai akhirnya ditemukan tekhnologi komputer dan Internet serta telephone yang membuat tekhnologi komunikasi dan informasi semakin melaju dengan sangat pesat.

Komputer dan Internet merupakan pintu gerbang utama yang mempengaruhi perkembangan Informasi dan Komunikasi, dan media inilah salah satu media yang membuat arus globalisasi semakin berkembang luas dengan sangat pesat.

Hadirnya tekhnologi informasi dan komunikasi yang terbaru ini, membuat sekat-sekat yang membatasi komunikasi dan penyampaian informasi menjadi tidak ada. Jarak sudah bukan menjadi penghalang yang membatasi komunikasi, dimanapun kita berada dan dimanapun seseorang yng ingin kita hubungi sejauh apapun akan terasa dekat dan dapat dijangkau dengan sangat cepat dan mudah. Kita bahkan bisa berkomunikasi antar belahan benua di dunia.

Pertukaran informasi yang sangat mudah untuk dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu di era perkembangan tekhnologi yang pesat ini. Hal demikian yang memicu munculnya globalisasi. Globalisasi telah melahirkan banyak budaya baru yang muncul akibat dari proses asimilasi kebudayaan yang terjadi, terlepas dari baik buruknya budaya baru tersebut. Selain itu, perkembangan tekhnologi yang seakan-akan membuat akses informasi menjadi unborderless membuat ilmu pengetahuan juga di akses dengan mudah dan berkontribusi besar pula dalam perkembangan penyebaran ilmu pengetahuan.

Kategori: Teknologi