KERETA API

Kini alat transportasi semakin canggih dan beragam. Alat transportasi memang sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk menepuh jarak yang jauh dalam waktu yang singkat. Dengan adanya alat transportasi membuat jarak dan waktu bukan lagi halangan bagi setaip orang untuk menjalankan segala aktivitasnya. Kita bisa pergi sangat jauh bahkan melintasi benua dengan adanya alat trasportasi yang bernama kapal. Ada juga kkapal laut yang dapat begerak di atas lautan yang luas. Dengan adanya trasportasi membuat semuanya menjadi lebih mudah dan ringan. Salah satu alat trasnportasi yang banyak digunakan dan dipilih karena harga ongkosnya yang murah adalah Kereta Api. Kereta api merupakan alat trasportasi yang dapat mengangkut banyak orang dalam sekali pemberangkatannya. Kereta api adalah sebuah alat trasportasi yang terdiri dari beberap gerbong pengangkut orang dan barang. Kereta api berjalan diatas rel baja yang didesain khusus yang hanya bisa dipakai oleh  kereta api.

kereta api

Kereta api adalah alat transportasi darat yang berupa rangkaian gerbong dan diatrik atau didoraong menggunakan lokomotif. Lokomotif yang digunakan untuk menarik gerbong kereta api dilengkapi dengan mesin diesl atau listrik.

Pada kereta api diesel, mesin diesel memutar generator listrik yang terdapat pada lokomotif. Pada lokomotif, generator listrik ini terhubung ke roda penggerak lokomotif. Ketika generator berputar makaroda lokomotif ikut berputar. Sedangkan pada kereta api listrik diperlukan kabel listrik yang terentang di sepanjang rel kereta api.  Kabel listrik ini mengalirkan listrik untuk menggerakan generator listrik di dalam lokomotif.

jams wattPenemua lokomotif sebagai penggerak kereta api berawal dari penemuan mesin uap. Mesin uap ini diciptakan oleh seorang insinyur dari skotlandia yang bernama James Watt tahun 1764. Mesin uap ini mulai digunakan untuk menggerakan lokomotif pada sekitar tahun 1800 an.

kerta apai 18299Kereta api bermesin uap pertama hanya digunakan untuk mengangkut barang. Pada tahun 1829, George Stephenson berhasil menciptakan kereta api yang berjalan diatas rel dan digunakan untuk membawa penumpang dan barang. Perkembangan dalam bidang teknologi telah mewujudkan perubahan kereta api. Kereta api listrik yang bernama Shinkansen ini mampu berlari dengan cepat diatas rel. Kecepatan yang dapat ditempuh oleh kereta api ini adalah 200 kilometer per jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *