4 Alat Pengukur Waktu

0
12809

jam

Perputaran bumi mengelilingi matahari atau revolusi, sedangkan perputaran bumi mengelilingi porosnya adalah rotasi. Kedua pergerakan bumi ini menyebabkan adanya waktu siang dan malam serta perbedaan waktu yang lainnya. Terdapatanya waktu membuat orang mengukur waktu tersebut. Seperti kita ketahui bahwa waktu dalam sehari semalam adalah 24 jam. Waktu seperti itu dapat kita ukur dengan alat pengukur waktu. Ternyata banyak sekali alat pengukur waktu yang digunakan oleh manusia dari waktu ke waktu. Tentu saja pengukur waktu itu sangat penting bagi manusia sebagai salah satu pengontrol aktivitas orang. Bayangkan jika tidak ada pengukur waktu, maka apa yang akan terjadi? Sulit kita untuk mengendalikan diri kita sendiri dengan segala aktifitas yang padat jika tidak ada alat pengukur waktu. Apa saja pengukur waktu yang banyak digunakan oleh manusia dari masa ke masa?

Sebelum adanya pengukur waktu, orang di zaman dahulu mengukur waktu dengan melihat pergerakan bumi dan bulan. Pada saat ini ketika zaman telah berubah dan lebih modern, pengukur waktu pun ditemukan dan lebih mudah untuk di terjemahkan. Namun  alat pengukur waktu yang digunakan dari masa ke masa selalu berbeda. Ada jam pasir, jam alam, jam atom, dan jam mekanik.

Jam alam atau jam matahari diciptakan oleh orang mesir sekitar 3.000 tahun yang lalu. Nama jam ini ternyata disesuaikan dengan cara kerjanya dimana  Jam matahari ini akan bekerja dengan baik saat matahari bersinar. sebaliknya, pada saat malam hari atau cuaca mendung, jam ini tidak dapat bekerja dengan baik.

Jam pasir adalah alat pengukur waktu yang digunakan oleh masyarakat abad pertengahan. Jam ini hanya dapat digunakan untuk mengukur waktu yang pendek. Setelah dikembangkan jam mekanik maka jam pasir ini tidak lagi digunakan.

Jam Atom diukur oleh banyaknya gelombang elektromagnetik yang diserap oleh atom. Jam atom ini menggunakan gerakan atom dari zat-zat seperti sesium yang bergetar lebih dari sembilan miliar kali setiap detiknya. Jam atom merupkan jam paling akurat di dunia karena dibuat di laboratorium khusus.

Jam mekanik pertama yang dibuat pada akhir abad ke 13. Jam ini digunakan untuk keperluan umum sehingga biasanya diletakan di menara greja atau di tempat umum dimana orang dapat dengan mudah melihatnya.

Itulah beberapa alat pengukur waktu yang banyak digunakan oleh manusia untuk mengukur waktu.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here